Iklan

Selasa, 13 Maret 2012

SECONDARY STORAGE (PENYIMPANAN SEKUNDER)


Data adalah aliran fakta-fakta yang bersifat mentah yang mencerminkan berbagai kejadian dalam sebuah organisasi atau dalam sebuah lingkungan fisik, sebelum diatur dan disusun ke dalam bentuk yang dapat dipahami dan dipergunakan oleh manusia. Informasi adalah data yang telah disusun ke dalam sebuah bentuk yang dapat dimengerti dan dipergunakan oleh manusia. Salah satu sistem yang dapat mengubah data menjadi informasi adalah sistem pengolah informasi berbasis komputer (computer-based information processing system). Agar bisa tercipta sebuah sistem pengolah informasi berbasis komputer, diperlukan perangkat keras komputer, perangkat lunak, data, orang dan prosedur. Agar bisa membantu proses dihasilkannya infor­masi, dibutuhkan sebuah sistem komputer, yaitu sebuah sistem yang paling tidak terdiri dari komponen komputer, piranti (alat) penerima masukan, piranti penghasil keluaran dan piranti penyimpanan. Perangkat keras komputer adalah alat elektronik yang menerima input, menjalankan instruksi program dan menghasilkan output untuk membantu mengubah data menjadi informasi.
Piranti penyimpanan utama (primary storage) dari sebuah sistem komputer adalah memori. Data yang disimpan dalam memori akan hilang begitu sistem komputer diputuskan dari aliran listrik. Karena itu dibutuhkan piranti penyimpanan sekunder (secondary storage) yang bersifat permanen, misalnya tape, disket, CD-ROM dan harddisk. Dengan terdapatnya piranti penyimpanan sekunder, proses pengaturan, penyusunan dan analisis data yang bisa dikembangkan menjadi sangat banyak jumlahnya ketimbang jika piranti penyimpanan yang tersedia hanya piranti penyimpanan utama. Hal ini disebabkan karena berbagai macam data maupun program yang berukuran besar hanya bisa ditampung dan dikelola secara efisien dan fleksibel oleh piranti penyimpanan sekunder. Dengan kata lain, aplikasi bisnis yang "serius", pasti memanfaatkan piranti penyimpanan sekunder dengan maksimal. Media Penyimpanan Sekunder merupakan media yang digunakan untuk menyimpan data di luar Main Memory pada komputer.


Selanjutnya, mari kita pelajari lebih jauh tentang penyimpan sekunder sebagai berikut :
  1. Disket
  2. Zip disk
  3. Disk optic : CD & DVD
  4. Pita magnetik
  5. Smartcard
  6. Blue-Ray
  7. Hardisk
  8. Memory flash
Untuk yang lebih lengkap dari penjelasan masing-masing penyimpanan sekunder diatas langsung aja download disini....

3 komentar:

  1. Mantaaap gan, nambah wawasan banget

    BalasHapus
  2. What are the primary advantages of secondary storage in computer systems, and how does it complement primary storage in enhancing overall system performance?Telkom University

    BalasHapus